Rabu, 09 Mei 2012

Lembar Pengesahan PTK

LEMBAR PENGESAHAN

1.   Judul    :   Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode
        pemberian tugas belajar dan resitasi Pada Siswa SDN 1
        Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis
        Tahun Pelajaran 2011/2012.
2.   Identitas Peneliti        :
      Nama            :  Usep Irwan Herdiana
      NPM            : 09.A1.1.0324
3.   Lokasi Penelitian        :  SDN 1 Sindangjaya 
4.   Lama Penelitian        :  1 Bulan


Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Menyetujui                        Disahkan Pada Tanggal : 3 Mei 2012
Dosen Pengampu                     Kepala SDN 1 Sindangjaya


WAWAN H. N., S. Pd, M. Pd.             SEMO SUKIRMO, S. Ag
                                                             NIP. 195907171983081004





KATA PENGANTAR

    Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode pemberian tugas belajar dan resitasi Pada Siswa SDN 1 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012” penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini merupakan tugas mata kuliah PTK pada STAIMA BANJAR sebagai syarat mengikuti Ulangan Tengah Semester.
    Dalam penyusunan laporan ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih kami ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.    Yth. Bapak Eko Budi Waluyo Selaku Dosen Pembimbing Akademik.
2.    Yth. Bapak Wawan H. N., S. Pd, M. Pd Selaku Dosen Mata Kuliah PTK
3.    Yth. Bapak Semo Sukirmo, S. Ag selaku Kepala SDN 1 Sindangjaya
4.    Yth. Guru-guru SDN 1 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya.
5.    Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan  ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                         
                                               Penulis





CASE STUDIES

USEP IRWAN HERDIANA ,2012. Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode pemberian tugas belajar dan resitasi Pada Siswa SDN 1 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012

Kata Kunci: agama islam, metode pemberian tugas belajar dan resitasi

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran berbasis masalah? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran berbasis masalah.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 1 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode berbasis masalah dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V SDN 1 Sindangjaya kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran agama islam.


DAFTAR ISI
                                                                                                    Halaman
     Lembar Pengesahan     i   
     Kata Pengantar     ii   
     Abstrak     iii   
     Daftar Isi     iv   
     BAB     I        PENDAHULUAN
1.1.    Latar Belakang  Masalah     1   
1.2.    Perumusan Masalah    4   
1.3.    Tujuan Penelitian     4   
1.4.    Manfaat Penelitian     5   
1.5.    Batasan Masalah     5   
     BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Definisi Pembelajaran    6   
2.2. Motivasi    7                                 
2.3. Prestasi Belajar agama islam    15
     BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN
3.1.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian     27   
3.2.    Rancangan Penelitian      27   
3.3.    Instrumen Penelitian     30   
3.4.    Metode Pengumpulan Data      31   
3.5.    Teknik Analisis Data     31   
     BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1.    Analisis Data Penelitian Persiklus      34   
4.2.    Pembahasan      44   
      BAB     V      PENUTUP
5.1.    Kesimpulan     46   
5.2.    Saran     46   
      DAFTAR PUSTAKA ........................................................................... 48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar