LEMBAR PENGESAHAN
1. Judul : Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode
pemberian tugas belajar dan resitasi Pada Siswa SDN 1
Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis
Tahun Pelajaran 2011/2012.
2. Identitas Peneliti :
Nama : Usep Irwan Herdiana
NPM : 09.A1.1.0324
3. Lokasi Penelitian : SDN 1 Sindangjaya
4. Lama Penelitian : 1 Bulan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Menyetujui Disahkan Pada Tanggal : 3 Mei 2012
Dosen Pengampu Kepala SDN 1 Sindangjaya
WAWAN H. N., S. Pd, M. Pd. SEMO SUKIRMO, S. Ag
NIP. 195907171983081004
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode pemberian tugas belajar dan resitasi Pada Siswa SDN 1 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012” penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini merupakan tugas mata kuliah PTK pada STAIMA BANJAR sebagai syarat mengikuti Ulangan Tengah Semester.
Dalam penyusunan laporan ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih kami ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Bapak Eko Budi Waluyo Selaku Dosen Pembimbing Akademik.
2. Yth. Bapak Wawan H. N., S. Pd, M. Pd Selaku Dosen Mata Kuliah PTK
3. Yth. Bapak Semo Sukirmo, S. Ag selaku Kepala SDN 1 Sindangjaya
4. Yth. Guru-guru SDN 1 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya.
5. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
CASE STUDIES
USEP IRWAN HERDIANA ,2012. Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode pemberian tugas belajar dan resitasi Pada Siswa SDN 1 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: agama islam, metode pemberian tugas belajar dan resitasi
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran berbasis masalah? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran berbasis masalah.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 1 Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode berbasis masalah dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V SDN 1 Sindangjaya kecamatan Mangunjaya Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran agama islam.
DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Pengesahan i
Kata Pengantar ii
Abstrak iii
Daftar Isi iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah 1
1.2. Perumusan Masalah 4
1.3. Tujuan Penelitian 4
1.4. Manfaat Penelitian 5
1.5. Batasan Masalah 5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Definisi Pembelajaran 6
2.2. Motivasi 7
2.3. Prestasi Belajar agama islam 15
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian 27
3.2. Rancangan Penelitian 27
3.3. Instrumen Penelitian 30
3.4. Metode Pengumpulan Data 31
3.5. Teknik Analisis Data 31
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1. Analisis Data Penelitian Persiklus 34
4.2. Pembahasan 44
BAB V PENUTUP
5.1. Kesimpulan 46
5.2. Saran 46
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................... 48
Tidak ada komentar:
Posting Komentar